JAKARTA (Suara Karya): Center for Information and Development Studies (Cides) mengharapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU), baik pusat maupun daerah, mengintensifkan sosialisasi calon perseorangan untuk ikut dalam pemilihan kepala daerah (pilkada).
Menurut Direktur Eksekutif Cides Syahganda Nainggolan di Jakarta, Senin, hal itu diperlukan agar pelaksanaan pesta demokrasi di daerah bisa berlangsung lebih demokratis, partisipatif, dan aspiratif.
Meski tidak mewakili partai politik, ujar Syahganda, kehadiran calon perseorangan dapat menjadi alternatif bagi rakyat untuk mendapatkan pemimpin yang kredibel, jujur, serta akseptabel.
Syahganda mengatakan, persaingan tokoh independen dari perseorangan melawan calon yang diusung parpol dalam pilkada juga akan meningkatkan kualitas demokrasi sekaligus membuat dinamika politik di daerah lebih transparan dan akuntabel.
"Dengan adanya calon perseorangan, parpol niscaya akan lebih selektif mengajukan tokohnya untuk dicalonkan sebagai kepala daerah," kata Syahganda.
Dalam kaitan itu, ujarnya, tendensi pencalonan oleh parpol dipastikan hanya mengajukan kader maupun tokohnya yang paling berkualitas.
"Sebab, konteks pertarungannya berbeda. Bukan lagi jago-jago di antara parpol, namun melibatkan tokoh informal milik masyarakat di luar parpol," katanya.
Syahganda menambahkan, popularitas serta kapasitas calon perseorangan yang ada di masyarakat, boleh jadi lebih baik dari tokoh milik parpol.
"Sebaliknya jika parpol berupaya keras menjual tokoh terbaiknya, peluang untuk menang dari calon perseorangan juga terbuka lebar," kata Syahganda.
Syahganda menilai momentum membuka pendaftaran bagi calon perseorangan harus dioptimalkan KPU Pusat berikut KPU di masing-masing daerah, seperti yang telah dimulai oleh KPUD Provinsi Lampung dan KPUD Kota Jambi.
"Karena itu, KPUD di tempat lain harus siap melaksanakan UU 22/2007 tentang Penyelenggaraan Pemilu serta revisi terbatas UU 32/2004 tentang Pemerintah Daerah yang memayungi calon perseorangan," katanya. (Victor AS)
Sumber www.suarakarya-online.com
Foto www.google.co.id